Home » » Jurnalistik Bagi Masyarakat ( Journalism In The Public )

Jurnalistik Bagi Masyarakat ( Journalism In The Public )

Seiring dengan Perkembangan zaman yang semakin pesat dan minimnya informasi, kehadiran seorang jurnalis tentu sangat dibutuhkan dikalangan masyarakat. 

Wartawan atau jurnalis adalah seseorang yang melakukan jurnalisme atau orang yang secara teratur menuliskan berita (berupa laporan) dan tulisannya dikirimkan/dimuat di media massa secara teratur. Laporan ini lalu dapat dipublikasi dalam media massa, seperti koran, televisi, radio, majalah, film dokumentasi, dan internet. Wartawan mencari sumber mereka untuk ditulis dalam laporannya; dan mereka diharapkan untuk menulis laporan yang paling objektif dan tidak memiliki pandangan dari sudut tertentu untuk melayani masyarakat.
 


terkait dengan profesi saya sebagai pers mahasiswa (persma), saya himbau demi kemaslahatan umat "masyarakat harus cerdas dalam memilih pers agar hanya pers berkualitas yang bisa hidup dan yang tidak berkualitas segera mati," memang tak sepantasnya saya berbicara begitu, coba bayangkan jika informasi yang disajikan oleh wartawan adalah informasi hanya untuk memutar balikkan fakta, apa yang terfikirkan di benak anda..? 

Menurut Leo, saat ini ada empat golongan wartawan yang harus disikapi berbeda oleh masyarakat:
- pertama adalah wartawan yang menolak “amplop”. Mereka beranggapan menerima amplop bertentangan dengan fungsi yang dijalankannya.
-kedua wartawan yang menerima amplop dengan alasan perusahaan persnya tidak memberi gaji yang mencukupi.
-Ketiga, wartawan yang memperalat pers untuk mendapat uang. Banyak dari golongan ini yang membuat penerbitan pers hanya untuk menjadi alat pemeras narasumber saja.
-keempat adalah “wartawan” gadungan yang hanya mengejar amplop. Sebutan untuk golongan ini beragam, seperti CNN (cuma nanya-nanya), WTS (wartawan tanpa suratkabar), Muntaber (muncul tanpa berita), atau wartawan bodrex. “Kalau wartawan bodrex bukan dibina tapi diusir. | Rizqi Shafriyaldi

0 comments:

Post a Comment

Popular Posts

Visitors